Digital Marketing
Pengertian Digital Marketing
Pemasaran atau Marketing adalah serangkaian aktivitas dalam bisnis guna memperkenalkan produk, jasa, atau layanan ke masyarakat luas mulai dari kegiatan promosi, distribusi, penjualan, hingga tahap pengembangan produk.
Istilah marketing berkembang cukup luas seiring dengan perkembangan teknologi di zaman modern sekarang, salah satunya dikenal pula istilah “Digital Marketing” yang artinya Pemasaran Digital.
Digital Marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh brand untuk menjangkau audiens potensial di internet menggunakan saluran digital seperti website, email, media sosial, dan sebagainya.
Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli
Dari sekian banyak ahli yang mendefinisikan pengertian digital marketing, kita bisa simak 2 di antaranya, yaitu:
1. Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya (2009)
Menurut Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya,
“Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Tentu saja pemasaran digital bukan hanya berbicara tentang pemasaran internet.”
2. Heidrick dan Struggles (2009)
Sedangkan menurut Heidrick dan Struggles yang dikutip dari Gramedia,
“Digital marketing adalah sebuah hal yang menggunakan dunia digital dalam melakukan periklanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut memang tidak menggembar-gemborkan secara langsung. Namun, hal tersebut tetap memiliki efek yang sangat berpengaruh.”
Manfaat Digital Marketing
Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemasaran digital.
Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis.
Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:
1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai
Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.
Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.
2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data
Setelah strategi digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.
Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.
3. Biaya Lebih Murah
Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.
Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.
4. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar
Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.
Nah, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.
5. Meningkatkan Reputasi Brand
Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
Jenis Digital Marketing
pengertian digital marketing adalah apa itu
1. Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2. Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari.
3. Search Engine Marketing
terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
4. Video Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.
5. Email Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
Nah itu beberapa pengertian, manfaat, jenis dari Digital Marketing. Jika Anda membutuhkan Pelatihan Digital Marketing Professional di Pemalang bisa di hubungi nomer di bawah ini.
082310361484
Kami memberikan garansi, jika Kami tidak mampu memberikan perubahan dalam mengoptimasi website bisnis Anda uang kembali. Sangat aman dan menguntungkan bukan? Menggunakan jasa Kami?
Untuk informasi seputar Jasa Digital Marketing Professional di Pemalang lebih lengkap Anda bisa menghubungi tim Kami.
Komentar
Posting Komentar